Minggu, 24 September 2017

Belajar Nganimasi di Baros, Litbang Film

Foto: Peserta Jalan Sehat CMHI
Alhamdulillah, akhirnya bisa ikut dalam pelatihan dasar animasi 2D selama seminggu di Technopark, jl. Baros, Cimahi diikuti dengan lancar. Banyak ilmu yang bisa dibawa untuk kompetensi Multimedia, SMK Teladan Kertasemaya. Dari buku, file materi animasi, sampai hasil karya 33 peserta dari seluruh penjuru tanah air selama pelatihan...


Alat di lab tempat pelatihan animasi 2D
Kegiatan pelatihan Animasi Tingkat Dasar 2D ini dimulai dengan pembikaan pada sore hari oleh kepala Dinas Litbang Film yaitu pak Maman Wijaya pada Selasa sore, 19 September 2017 dan ditutup pada Minggu sore, 25 September 2017. Saya sendiri selain mewakili SMK Teladan Kertasemaya, juga satu-satunya peserta dari Indramayu. Peserta terbanyak tentunya dari tuan rumah yaitu Cimahi. Dan peserta terbanyak kedua dari Bali, maklum awalnya kegiayan ini direncanakan di Bali, dan sempat akan dilaksanakan di Kudus, dan akhirnya Baros Cimahi terpilih menjadi tempat pelatihan. Waktunya sebenarnya kurang dari dua minggu dengan acaranya BIAF (Baros International Animation Festoval) yang rutin diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata kota Cimahi. Peserta terdiri dari mulai pelajar SMK, mahasiswa, guru, dan juga umum.

Bersama sutradara animasi MD Entertainment
Dimulai dengan pre test, sebuah ujian awal untuk menguji kemampuan para peserta pelatihan. Saya sendiri baru bisa menggambar dengan photoshop. Alat mengambar langsung secara digital dengan tablet. Saya lihat beberapa pelajar malah sudah lebih fasih dalam menggunakan pen tablet dan Adobe Flash... Begitupula dengan skill gambar beberapa pelajar SMK ini sudah matang. Jadilah persaingan dalam belajar terasa ketat, maklum di akhir kegiatan akan dipilih beberapa peserta terbaiknya. Malah beberapa peserta ada yang pernah pelatihan dari Litbang Film atau dinas kementrian lainnya. Jadi kadang berbagai dinas membuat acara fo bidang yamg hampir sama. Bisa jadi kegiatan ini secara tidak langsung adalah kegitan hasil kerjasama secara tidak langsung antara diknas dan dinas pariwisata.

Di hari terkahir pelatihan
Antara Technopark sebagi tempat latihal dengan tempat penginapan bisa dibilang tidak dekat. Tapi masih bisa dijangkau dengam jalan kaki kurang dari sepuluh menitan. Dimulai dengan sarapan pagi di hotel srktar jam tujuh dilanjut jalan kaki bersama dan pelatihan pun dimulai pukul delapan pagi. Sampai-sampai ada peserta yang berinisiatif membuat grup Jalan Sehay Cimahi... sebuah keisengan dari Aswin, salah satu peserta yang paling supel dari Ternate.
Jadi setiap hari makan nadi tiga kali sehari dan juga coffee break dengan snek tiga kali dalam sehari juga. Jadi sekitar enam kali olahraga perit srlain jalan kaki sehari duakali balikan. Karena pas jam lima semua peserta kembali ke hotel untuk mandi biar segar... Dan kembali jam tujuh sore untuk menyelesaikan tugas siang yang belum selesai. Siang dengan pengajar, kalau malam tersisa mentor dan panitia. Begitulah kesehariannya...

Ketika waktu istirahat tiba
Dari sejarah, teori, praktek debgan fasilitas di gedung Technopark yang sangat memadai untuk produksi animasi. Srlain pengajar dari para dosrn dari Jakarta juga ada pengajar dari praktisi yaitu sutradara dari MD Entertainment yaitu pak Dana Riza, dan juga dari pembiat animasi Batyle Of Surabaya yang meraih penghargaam diari Korea, sehingga sutradaranya menjadi juri animasi di Korea.Software yang dipakai dalam praktek dimulai dari photoshop untuk pembuatan begron, flash untuk pembuatan key frame sekaligus menggerakan gambar, dan Adove After Efek untuk compositing finana bisa menggerakan beberapa layer file bagron dengaan kecrpatan gerak yang bisa diatur. Gsk hanya itu dengan AE bisa menngabungkan karakter yang sudah digerak di flash sebelumnya, memberi musik, juga efek hujan dan sebagainya.

Foto bersama di waktu istirahat
Beragam tugas dari mulai walk cycle, run cycle, stretch, karakter dan ekspresinya, morphing, isi suara, beberapa efek presentasi animasi, dan banyak lagi. Dari hari ke hari tugas makin banyak, sampai beberapa peserta metasakan pressibg tugas yang cukup ketat. Dan tugas diakhiri dengan compositing semua tugas dikumpulkan dalam durasi 30 detik. Barulah pada hari minggunya tugas mereda dengan penutup ujian berupa post test dengan soal yang sama persis dengan pre test. Ya, tentu saja semua peserta kali ini berhasil mewujudkan soal dalam bentuk animasi yang jauh lebih baik  di banding sebelumnya.

Foto bersama peserta pengajar dan mentor
Hari Minggu terasa santai giliran oengajar, mentor, dan panitia yang sibuk menilai karya peserta. Seluruh peserta jalan-jalan bersama mengelilingi gedung dan halaman sekitar taman tecnopark. Hari itu kebersamaan semua peserta semakin akrab. Pulang pun lebih cepat walau harus menunggu hujan yang mengguyur Cimahi... Dan pemenang terbaik pelatihan Animasi tingkat dasar ini didapat dari peserta dari Sumatera, yang kedua seorang guru dari pati, dan juara pertama dimenangkan oleh mahsiswa S2 ITB dari Tegal. Setelah acara penutupan yang cukup seru tapi santai dilanjut dengan jalan-jalan keliling Bandung nencari oleh-oleh. Seru ya kan? Jadi berikutnya anak Multimedia SMK Teladan Kertasemaya harus tertarik ikut... Tidak ada ruginya... Semangart!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar