Sabtu, 09 September 2017

LKS Pertama untuk Kompetensi Multimedia

Foto: Dok Panitia LKS Indramayu 2017
Mungkin dari tahun kemarin saya mendengar ajang LKS yang infonya terasa susah untuk ditangkap... Sampai akhirnya di tahun ini muncul kewajiban semua guru ikut grup MGMP melalui jejaring WhatsApp... Dan karena baru, maka banyak hal di grup WA ini yang bikin terkaget-kaget buat para guru. Dari mulai SIM PKB yang membuat beberapa guru mengantri di rumah operatornya, kartu SIM PKB, dan pretest... Ditambah pada hari Rabu, 6 September ketika saya berangkat mendampingi lomba MTQ, secara dadakan di pagi harinya melalui WA mewajibkan para kaprog untuk rapat dadakan.... Disusul siangnya ada info lomba LKS yang harus diadakan besoknya! Wah? dua lomba yaitu MTQ dan LKS 2017 yang diadakan secara dadakan... Sebagai kompetensi terbaru di SMK Teladan yang belum pernah mengikuti LKS sekali pun ya sangat penasaran dong... Seperti apa siy lombanya LKS Multimedia ini?... dan Apa yang dilombakan?

Foto: Dok. Panitia
Maka dengan semangat keingin tahuan yang besar, bermodal formulir dan dadakan... Langsung menunjuk siswa Multimedia yang paling rajin berkarya yaitu Mukhit. Maka pagi-pagi setelah persiapan singkat di lab Multimedia SMK teladan kami langsung berangkat, dan datang sebagai pseserta yang paling sampai duluan, selain tuan rumah , tentunya... Ternyata lombanya bersamaan dengan pretest para guru SMP yang diakan di SMKN 1 Indramayu. Tempat dinasnya ketua MGMP Multimedia, yang sempat menolak menjadi tuan rumah karena labnya sedang dipakai pretest. Ketika semua peserta sudah mulai berdatangan, para pelajar pun dikumpulkan di sebuah ruangan untuk briefing mengenai ketentuan dan tema lomba. Sementara para guru pembimbing selama acara hanya bisa menunggu di luar. Kalau dari kisi-kisi lomba, seharusnya lomba diadakan selama tiga hari dengan beberapa soal seperti membuat coorporate identity, packaging, poster dan lain-lain. Karena dadakan harus keluar satu nama untuk perwakilan dari Indramayu, maka seleksi hanya dilakukan selama tiga jam saja yaitu membuat poster dengan corel draw yang artinya dari tulisan sampai gambar adalah full vector.

Foto: Dok. Panitia
Di lab multimedia ini seleksi atau lomba LKS digelar, selain peserta digabung dengan para guru yang pretest, para guru tetap di luar menunggu. Sesekali mendapat updaten foto dari panitia melalui grup WA MGMP Multimedia. Katanya memang setiap tahun juri selalu dari para guru, dan akibatnya masalhanya juga sama. Tapi untuk meng-hire juri dari praktisi mungkin masih belum bisa, padahal ini bisa lebih netral. Walau peserta memakai baju bebas, supaya identitas asal sekolah atau atribut tidak diketahui. Tapi kan sang juri pasti kenal dengan muridnya sendiri, ya itulah yang menjadi maslahnya... Dan sebagai juri tentu saja sudah tahu lebih dulu teknis dan temanya, sehingga bisa menyiasati untuk kemenangan peserta didiknya.

Juara 1
Juara 2
Juara 3
Menurut ketua MGMP Multimedia, pak Hendri untuk kedepannya kegiatan LKS ini akan dimasukan sebagai agenda MGMP Multimedia, jadi nanti wakil dari Indramayu adalah yang benar-benar terpilih, tidak terburu-buru. Kendala linnya di LKS ini adanya beberapa peserta yang tidak diprint, menurut salah satu juri karena kendala printernya, tapi menurut ketua semua sudah diprint. Sementara penjurian berlangsung tiga jam juga untuk 16 peserta saja, dan paling lama dan nyaman kalau diperhatikan sepertinya melalui hasil print, tapi guru pembimbing yang setia menunggu jadi heran dan penasaran akan hasil peserta didiknya. Untungnya ketua MGMP sekaligus ketua panitia mengirimkan semua karya peserta melalui grup WA MGMP. Dan semua peserta mendapatkan sertifikat yang bisa dimabil hari Senin.

Poster karya Mukhin XI MM
Ok, untuk semua anak Multimedia SMK Teladan Kertasemaya, saya akan menantang lagi untuk LKS 2018. Kalau kalian berminat ikutan lomba atau seleksi LKS ini... Coba selalu minta diajarin, bikin tugas lebih dari satu dengan konsep yang baik, dan ketelitian yang tinggi, juga taste seninya disempurnakan, juga bisa membuat imej yang bisa melebihi skill para pemenang tahun 2017 ini. Mari kita siapkan wakil dari SMK Teladan Kertasemaya sebaik mungkin! Semangart 47!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar