Sabtu, 30 September 2017

Pameran WPAP "Sweet Seventeen"

Acara dimulai dengan pengajian Al-quran oleh Ditha dan Desy
Ada yang berbeda di hari Rabu, 27 September 2017 di salah satu sekolah di daerah Kertasemaya Indramayu... Selain rame dan banyak kesibukan di lapangan, juga diwarnai tenda ungu. Wah acara apa itu? Ya, hari ini SMK Teladan Kertasemaya sedang milad yang ke tujuh belas. Lagi manis-manisnya... Jadi ini adalah ulang tahun termanis yang pernah diselenggarakan oleh sekolah. Kenapa paling manis?



Cosplayer Multimedia beraksi
Karena semua kompetensi tampil baik di masing-masing standnya dengan berbagai kegiatan seperti di Teknik Sepeda Motor ada kontes HONDA, di Tata Busana ada fashion show, dan di akuntansi ada Bank Mini dan juga berbagai makanan dan minuman yang jarang ditemukan di keseharian pun tersaji. Kalau di kompetensi multimedia? Ada workshop WPAP dari praktisi asal Indramayu, ada cosplayer dan para fotografer yang siap dan sigap mendokumentasikan foto para pengunjung, terutama di stand MM dan juga bisa berpose bersama karya WPAP yang dipamerkan dan tentunya bisa berfoto bersama para cosplayer. Dan beberapa ekskul serta bakat para peserta didik dipertunjukan di lapangan dan panggung hiburan. Wah, seru bingit pokoknya!

Memajang di hari sebelum pameran
Multimedia sendiri sudah mempersiapkan pameran WPAP dari jauh-jauh hari untuk karyanya... Maklum WPAP merupakan tugas dari kelas XI untuk pelajaran Desain Grafis Percetakan untuk kompetensi Multimedia. Tepatnya di bab awal yaitu Nirmana. Warna-warni WPAP sama dengan mengolah rasa estetika dari peserta didik, dan ini ada dalam WPAP. Karena di kelas X masih diajarkan dengan software adobe photoshop terlebih dahulu... Maka tugas WPAP ini dikerjakan dengan Photoshop. Beda ketika membuat sepanduknya yaitu mencoba software Corel Draw. Semua karya WPAP yang terkumpul ada sekitar 34 karya. Dan desain spanduk pameran karya siswa yang terpilih langsung dicetak di percetakan terdekat. Maka langsung di hari Selasanya anak Multimedia sudah  memasangkan karyanya. Karya yang diprint di ukuran A4 dan ditempelkan di atas impraboard yang lebih lebar dari ukuran A4 supaya rapih terbingkai. Karena dilaminasi dulu maka tidak takut terkena hujan. Maklum acaranya sudah mulai memasuki musim penghujan. Dan benar saja malamnya Kertasemaya diguyur hujan yang lumayan lebat. Sehingga beberapa karya nonWPAP  yang tidak dilaminasi menjadi lembab.

Aksi kabaret "Cinder... Ela"
Maka pada Kamis paginya dari kepala program, kelas XI dan kelas X dikerahkan untuk menyelesaikan stand yang kurang dari 50%nya... Karya dilengkapin dengan kaya foto dan kartun, meja dan kursi, taplak meja, sampai peralatan multimedia semua dipajang seperti jib crane, slider, tripod, dan tentunya semua alat dokumentasi. Gak hanya itu wayang kertas, dan unsur desain lainnya dipajang semeriah dan semanis mungkin.  Multimedia tentunya selalu dipilih sebagai seksi dokumentasi. Kali ini kerjasama dilakukan antara kelas X dan kelas XI dari mendekor stand, mengambil alat multimedia yang dipajang, menjadi cosplayer, sampai menjadi fotografer dan perekam video. Gak hanya itu kelas X Multimedia pun ada yang menjadi MC hiburan, tampil bersama Majelis Taqlim, menari Jaipongn, dan sebagainya. Untuk kelas XI multimedia tentunya dengan ekskul Teater 47nya menampilkan kabaret "Cinder... Ela" karena kebetulan tokoh utamanya memang bernama Ela.

Kelas fokus tapi santai dan penuh kegembiraan
Workshop yang mengundang Frendy sebagai pemilik toko dengan merek ternama di Indramayu yaitu FrenDot Fdot ini diikuti dengan sangat antusias oleh anak Multimedia. Apalagi dengan merchandize keren yang dibawanya, semua berebut menjawab quiz yang dilontarkan. Santai, ceria, tapi jadi lebih memahami apa itu WPAP, sejarahnya, dan teknisnya. Dan kepala sekolah meminta mas Frendy untuk memilih salah satu karya terbaik WPAP yang akan diumumkan bersama dengan pemenang lomba lainnya nanti pada hari Senin, 2 Oktober 2017. Wah, anak kelas XI Multimedia pasti tidak sabar menunggu pemenangnya niy...

Pak Indra Heryadi & Frendot Fdot
Ou iya nanti Senin, ketua Teater 47 sekaligus ketua kelas XI Multimedia berencana membuat video profile SMK Teladan Kertasemaya. Jadi pas banget dengan pengumuman pemenang... seru niy. Yang khidmat ya upacaranya mau dishooting. Dan ternyata toko FDot itu sering saya lewati kalau ke Indramayu. Giliran saya niy yang harus berkunjung ke sana sepertinya... Mm, saya juga mau bawa sesuatu deh sebagai rasa terima kasih saya atas kunjungannya. Insya Allah... Salam WPAP!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar