Minggu, 22 Oktober 2017

Tempat Prakerin Anak Multimedia Paling Eksotis



Desainer bersanding dengan logo karyanya. Bangga! Alhamdulillah...
Alhamdulillah, pada hari Kamis, 19 Oktober 2017 sebelas anak Multimedia dari kelas XI berangkat bersama menuju Desa Patapan, Kecamatan Beber, Kabupaten Cirebon. Tempat yang kami tuju adalah koperasi Ganesha Mitra CIMK, koperasi alumni ITB yang anggotanya berasal dari Cirebon, Indramayu, Majalengka, dan Kuningan. Kami bertiga belas tentunya bareng bapak supir angkot berangkat pukul 10:00 WIB. Ini adalah perjalanan pertama kami menuju perbatasan Cirebon-Kuningan...





Diterima oleh ketua koperasi dan sekjen koperasi

Sempat mengalami kendala karena angkotnya kurang air, yang bisa lebih fatal dibanding kehabisan bensin katanya. Akhirnya kami melewati jl. Kanggraksan... Berarti sebentar lagi tiba ke tujuan, tapi tiba-tiba hujan deras pun tiba. Saya yang duduk di depan pak supir, pun merasa was-was dengan derasnya air hujan, karena rada mengurangi pandangan mata dalam mencari tempat tujuan. Alhamdulillah, ternyata tidak terlalu sulit menemukan Koperasi Ganesha berada, walau belum pernah berkunjung tapi sempat melihat fotonya. Setelah bertanya ke sekuriti kawasan hotel, akhirnya kami sampai di  koperasi Ganesha. Di sana ketemu dengan pak Iman Budiman sebagai sekjend koperasi dan pak Bambang sebagai ketua koperasi. Beberapa motivasi pun bergulir dari keduanya. Kami bertukar cerita, selain menjelaskan maksud kedatangan, juga beberapa rencana kegiatan prakerin nanti. Alhamdulillah, semua anak XI Multimedia yang dibawa diterima semua.

Prakerin dimulai dari pertengahan bulan Januari sampai awal April 2018
Kenapa Multimedia SMK teladan ingin prakerin di koperasi Ganesha Mitra CMIK, karena selain sudah melihat karya video dokumentasi, dan film pendek. Juga beberapa desain packaging hasil bumi, sampai kegiatan bersama para nelayan, juga kegiatan seni budaya, dan kegiatan lainnya telah dibuat oleh koperasi yang sangat aktif ini. Apalagi beberapa peralatan mendesain ataupun cetak sudah ada. Anak-anak yang prakerin di KGMC  termasuk yang terbaik yang saya pilih, nyaris semuanya dewan Teater Antzerki 47 yang menyukai pembuatan video dan film, juga mendesain. Jadi saya yakin mereka akan rajin, dan akan belajar bekerja dengan baik. Sehingga kerjasama ini bisa sangat baik bagi SMK Teladan Kertasemaya juga KGMC. Amiiinnn...

Bersama pak Syarif dari Indramayu
Setelah berbincang panjang lebar, dan memberikan surat pengajuan prakerin, akhirnya kami ditemani pak Syarif salah satu karyawan yang berasal dari Indramayu mengantar kami keliling sekitar hotel Radiant yang sangat indah. Katanya walau terbuka untuk umum, umum yang ingin berfoto harus membayar kontribusi. Jadi beruntung sekali kalau kedua belas orang dari SMK Teladan Kertasemaya ini bisa berkeliling foto-foto secara gratis, karena didukung oleh koperasi Ganesha CMIK. Asyik!


Di belakang bisa lihat laut Cirebon dari pegunungan
Selain sempat mengunjungi kolam renang, teater yang cukup luas, sehingga semua membayangkan taeter Antzerki 47 bisa mentas kabaret Ken Arok di sana, ya baru sekedar hayalan saja siy hehehe... Maklum gedung teater ini di belakangnya terhampar pemandangan dari atas sampai ke lautan Cirebon. Wah, menakjubkan... Belum beberapa gedungnya yang klasik modern dan sangat terawat. Wah, jadi kalau bekerja aatau prakerin di sini bisa serasa tiap hari berwisata ya... Mantap!

Sampai berjumpa lagi di bulan Januari 2018. Insya Allah...
Karena waktu terus perlahan menuju sore, maka kami pun berpamitan... Sebuah perjalanan yang berkesan. Semoga yang prakerin di sini bisa berkarya semaksimal mungkin, dan insya Allah, wawasan dan motivasi pun akan bertambah dari tempat prakerin dengan pemandangan yang eksotis ini. Semangart!

(amz)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar