Sabtu, 14 April 2018

Pentingnya Mempersiapkan Prakerin Dari Kelas X

Amir Dinillah ketika tugas meliput pernikahan di Koperasi Ganesha CMIK
Prakerin, yang kepanjangannya Praktek Kerja Industri adalah kegiatan yang ada di Sekolah Menengah Kejuruan. Jadi selain mata pelajaran lebih banyak dibanding di SMA, karena ditambah mata pelajaran yang disesuaikan dengan kompetensinya, pada saat kelas XI diwajibkan mengikuti prakerin. Lamanya waktu prakerin sekitar tiga bulan. Waktu pelaksanaan prakerin ini beda-beda disesuaikan atau diatur oleh sekolah masing-masing. Untuk kompetensi Multimedia SMK Teladan Kertasemaya pada pertengahan bulan Januari sampai dengan awal April 2018 merupakan gelaran prakerin pertamanya. Yang alhamdulillah, berjalan lancar... Ya, walau ada sedikit masalah, di hal teknis dan itu ada di semua kompetensi ataupun sekolah setiap tahunnya. Apa saja tuh masalah-masalah yang timbul? Untuk kelas X yang tahun depan mau prakerin sebaiknya baca dengan tuntas... Atau boleh bertanya lebih lanjut setelah mebaca semua tulisannya.



Contoh tugas Fadila Rahmawati dan Ditha Anggraeni G yang prakerin di perusahaan di Jakarta
Yang umum terjadi walaupun sedikit adalah, siswa mudah bosan, karena kurang kreatif dalam mengisi waktu kosong, atau kurang pintar dalam memilih prioritas mengakibatkan anak ingin pindah tempat parkerin. Ada yang baru seminggu dua minggu sudah ingin pindah tempat magang, sampai ada yang sudah dipertengahan waktu prakerin ingin pindah. Selain memberikan para guru pembimbing memberikan pencerhan atau semangat untuk memecahkan berbagai masalah yang terjadi. Untuk tahun depan, anak yang ingin pindah tempat prakerin sekaligus anak yang memberikan info kepindahannya sebaiknya diundang ke sekolah terlebih dahulu untuk presentasi depan guru pembimbing dan kepala kompetensi. Karena sikap bosan adalah watak yang tidak profesional untuk dunia kerja. Ulet, kuat dengan tekanan selalu menjadi syarat kerja di semua perusahaan, terutama perusahaan kategori besar.

Nur Apipah dan Sunani di percetakan Cirebon
Kendala yang banyak terjadi adalah persiapan dana untuk ngekos selama tiga bulan. Maka, kebanyakan peserta didik memilih tempat prakerin yang dekat. Untuk di Indramayu sendiri sebenarnya sudah banyak percetakan yang bisa dijadikan tempat prakerin anak Multimedia. Untuk angkatan pertama Multimedia SMK Teladan Kertasemaya sekitar dua per tiganya melaksanakan prakerin di percetakan di Indramayu dan Cirebon. Sisanya ada yang di koperasi dan juga di Jakarta, masih sayang memang padahal beberapa media seperti tivi dan media cetak surat khabar ada di Indramayu dan Cirebon, atau juga ada media Radio ya walaupun radio memang rada surut, walau tetap eksis dengan streaming di internet. Atau mencoba ke production house (PH), stuido foto, TV, Studio atau perusahaan pembuat game, perusahaan animasi, dan juga studio komik, dan sebagainya. Gak hanya di Cirebon, Indramayu, dan Jakarta saja... Tapi ke Bandung, Bogor, Yogyakarta, Batam, dan penjuru tanah air lainnya di manapun untuk mencari ilmu dan pengalaman. Mari perisiapkan dengan menabung untuk ngekos tiga bulan dan semoga tahun berikutnya yang prakerin lebih beragam lagi... Amin.

Syafa dan Yayang di percetakan Indramayu
Gak hanya soal ngekos, tapi ada yang lebih penting lagi yaitu soal semangat belajar dan tentunya berkarya. Belajar tidak hanya soal teori, tapi dengan berkarya artinya selian teorinya dipraktekan. Maka ilmunya semakin dalam, dan semakin detil. Hasilnya? Pasti luar biasa! Saya jamin... Kalau dengan banyak berkarya maka siswa menjadi sangat termapil, butuh kecepatan dalam mendesain, merancang, mencari ide. Dengan sering berkarya selain terampil dalam hal kecepatan kerja, tapi juga teliti, dan terus menggali rancangan, atau ide konsep kerjanya. Maka ketika prakerin siap dengan sebundel karya atau portofolio yang disusun rapih dan menarik, maka boss pun akan mempercayai dalam hal mendesain. Walau tidak punya komputer di rumah, ya harus rajin berkarya di laboratorium Multimedia. Apalagi kalau punya komputer atau laptop sendiri, plus rajin berkarya, sehari satu sampai tiga karya pasti luar biasa. Perusahaan mana coba yang tidak ngiler melihat orang yang super rajin dalam membuat karya orisinal. Dan kalau punya laptop, atau kamera sendiri, maka keterbatasan alat di tempat prakerin bisa diminimalisir. Kamu dengan laptopmu bisa membantu membuatkan semua desain atau pekerjaan yang berkitan dengan aspek multimedia tanpa mengganggu, karena kamu bisa mandiri dengan alat sendiri. Apalagi kecepatan terampilnya yang membuat kamu pede atau percaya diri... Wuihhh... Pasti mantap!

Faisal Ernoto dapat penghargaan dari KGMC
Dan yang terakhir, adalah masalah sikap. Walaupun sudah rajin, dan jago.... Rendah hati harus diutamakan selain jujur tentunya. Kembali ke tujuan prakerinmu yaitu mencari pengalaman baru di dunia kerja, dan membantu bukan merepotkan. Ini juga berkitan dengan mana yang diproritaskan... Ketika prakerin maka utamakanlah apa yang sedang dilaksanakan di perusahaan tempat kamu prakerin, urusan sekolah harus dijadikan yang nomor duanya. Ya, karena kamu jadi tamu di perusahaan yang harus tetap segan atau menghormati, tidak menganggap enteng tuan rumah. Kalau sampai kebalikannya, smapai bolos berhari-hari, selain tetap akan sampai informasinya ke sekolah ke guru pembimbing, dan Kepala Kompetensi sehingga dapat nilai kurang bagus, akibat fatalnya ya kamu bakal dipindahkan ke tempat yang kemungkinan tidak berkaitan dengan aspek multimedia sama sekali... Ya, itu karena ulahmu sendiri yang menomorduakan yang harusnya diutamakan. Benar?


Pada saat penjemputan anak prakerin di Koperasi Ganesha Mitra CMIK
Jadi menabung uang untuk ngekos dan makan atau keperluan keseharian, menabung karya dengan terus berlatih di sekolah dan di rumah, juga terus memperbaiki sikap dan semangat belajarmu untuk memperbaiki hidup dari hari ke hari. Saya yakin kalau semua itu dipersiapkan... Maka kamu akan sukses di tempat prakerinmu dengan hasil maksimal. Semangart! Artikel ini dibuat setelah mendaptkan jawaban isian esay dan juga mendapatkan beberapa soal pilihan ganda yang dibuat 35 orang peserta didik yang sudah mengikuti prakerin. Selanjutnya bakal dipublish soal yang dibuat oleh anak prakerin... Sabar menanti ya ;)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar