Jumat, 17 Agustus 2018

Inspirasi Dari Kampus Jogja


Kunjungan Industri Kompetensi Multimedia
Alhamdulillah, pada hari Selasa, 14 Agustus 2018 kompetensi Multimedia SMK Teladan Kertasemaya Indramayu sudah berkunjung ke kota Jogjakarta dengan selamat, lancar, dan seru. Berangkat dari sekolag sekitar bada Maghrib, dan sempat beberapa kali berhenti untuk melaksanakan sholat Isya di perbatasan Jawa Barat dan Jawa Tengah, dan sebelum subuh sudah sampai di Jogjakarta. Istirahat, mandi, sholat subuh dan sarapan di sebuah restoran yang cukup menarik yaitu Paradise, untuk persiapan ke tujuan tempat pertama, karena bakal ada tiga tempat utama yang bakal dikunjungi di DI Jogjakarta ini.

Persiapan menuju Universitas Amikom
Bersama mahasiswi dari Malaysia
Souvenir dari Universitas Amikom
Melewati pukul tujuh pagi, semua bersiap dan perjalanan pertama adalah menuju universitas Amikom. Sempat terlewati karena jalan terbagi empat ruas, setelah putar balik akhirnya berhasil memasuki area kampus. Memasuki sebuah ruangan berbentuk aula dan disuguhi beberapa karya para mahasiswa, dan akhirnya humas dan perwakilan dari Amikom ditemani sekitar tiga mahasiswi dari Malaysia perkenalan dengan Universitas Amikom pun dimulai. Dari sejarah berdirinya Amikom yang sangat menginspirasi, sampai sistem dan cara mengembangakan kampus dan juga bisnis kampus yang sudah dikelola dengan sangat profesional. Dari mulai bagaimana mengembangkan tugas para mahasiswanya sehingga bisa memenangkan lomba yang diadakan secara nasional maupun internasional, sampai karya mahasiswa pun bisa menghasilkan ribuan dollar tiap bulannya. Sebuah kampus yang sangat ramah, pandai mengembangkan bisnis kampusnya sekaligus potensi mahasiswanya sehingga menjadi para wirausahawan ketika masih menjadi seorang mahasiswa. Keren banget, kan... Maka wajar kalau iklan billboardnya adalah kampus dengan penghargaan terbanyak. Ini adalah kampusnya pak Ismaturrohman, S. Kom yang menjadi Waka Kurikulum di SMK Teladan Kertasemaya, yang juga memberikan sambutan saat itu. Setelah saling bertukar cinderamata, dilanjutkan keliling kampus dari perpustakaannya yang luas dan modern, studio Animasinya yang sudah menghasilkan film "Battle of Surabaya" yang berhasil menggondol puluhan award diantaranya dari Korea Selatan dan Eropa, ada studio TVnya dengan kamera yang sudah standar pertelevisian, servernya yang canggih, dan fasilitas lainnya yang bisa dibilang sangat lengkap. Fakultas dan program studinya pun banyak, lengkapnya bisa dicek diwebsitenya Universitas Amikom.

Depan kampus Institut Seni Indonesia hasil jepretan mahasiswi
Bertukar souvenir dengan ISI
Karena waktu berkunjung di Amikom lebih lama, akhirnya makan siang dilewatkan dulu supaya bisa tepat waktu sampai di Faklutas Seni Media Rekam, Institut Seni Indonesia, Yogyakarta. Alhamdulillah, sampai di kampus ISI sebelum pukul 13:00 WIB. Sempat sholat dzuhur, dan beberapa siswa membeli cemilan pada pedagang kaki lima sekitar kampus, akhirnya kami berkumpul di ruang Audio Visual FSMR ISI. Dulu ketika penulis lulus SMA di tahun 1995 sempat ingin sekali bisa kuliah di ISI Seni Rupa, cuma waktu itu kondisi kurang mendukung untuk bisa ke Jogja. Dan bersama murid angkatan kedua Multimedia ini akhirnya saya menginjakan kaki di kampus ISI yang cukup luas. Disambut oleh dekan dan beberapa dosen yang sangat ramah, karena  ada tiga program studi yang ada di FSMR  ISI yaitu Program Studi Fotografi untuk tingkat sarjana, juga Film dan Pertelevisian, dan yang ketiga  adalah animasi untuk program tiga tahun atau D3. Sempat bertukar souvenir, dilanjutkan berkunjung ke hasil karya program studi animasi yaitu pameran storyboard yang keren-keren. Karena waktunya mepet jadilah dibagi beberapa kelompok, ada yang mengujungi prodi Fotografi yang juga sedang mengadakan pameran foto, sementara saya berkunjung ke dua studio milik prodi Film & Pertelevisian. Ada studio besar yang cukup luas, dan studio kecilnya. Juga ada studio audio dengan tembok kedap suaranya yang keren. Sayangnya, bulan Agustus masih dalam suasana liburan panjang sehingga terasa sepi dari para mahasiswa, walau sempat ada mahasiswa yang bantuin mendokumentasikan kegiatan kunjungan dengan setting manual foto. Cara berpameran, dan memperlakukan karya mahasiswanya menjadi inspirasi sendiri untuk mengembangkan Multimedia SMK Teladan Kertasemaya.
Sambutan dari Kompetensi Multimedia




Pameran Storyboard
Dua tempat yang benar-benar sangat menginspirasi... Tidak sia-sia kami datang jauh-jauh dari Indramayu ke Jogja. Yang satu dari sisi teknik, dan satu lagi dari sisi seni. Lengkap sudah perjalanan kami di Jogja dengan pengetahuan dan dipenuhi inspirasi dua kampus yang sangat keren. Giliran kami menyempurankan dengan makan siang, oleh-oleh, dan tentunya berwisata di Yogyakarta. Dari pukul lima sampai setengah delapan malam kami berada di sekitar Malioboro. Maliboro memang sangat indah untuk dinikmati di sore hari... Segudang inspirasi untuk dipilih oleh Kompetensi Multimedia SMK Teladan Kertasemaya, segudang cerita dari ketujuh puluh sembilan yang ikut berpetualang di Jogja, dan tentunya suasana Jogja yang membuat pikiran menjadi segar kembali. Kami kembali ke Indramayu untuk berkarya, sampai jumpa lagi Yogyakarta yang menakjubkan... 
Kedua kalinya ke Jogja

Tidak ada komentar:

Posting Komentar