Jumat, 15 Juli 2016

Animasi Indonesia Masih Stagnan?


Bagaimana dengan dunia animasi kita? Sudah bisa bersaingkah dengan animasi dari luar negeri atau dengan negara maju? Atau karya animasi dari negara tetangga yang sudah rutin muncul di salah satu tivi swasta? Atau masih stagnasi?

Di era multimedia sekarang ini... Beberapa karya anak bangsa sudah bermunculan, dari mulai serial tivi diantarannya "Sopo Jarwo", dan seri tivi lainnya, ada yang dijual dalam format DVD walau masih kebanyakan berupa dongeng atau bermuatan pendidikan agama, melalui internet yang diupload youtuber, dan yang lebih banyak lagi  adalah yang berupa iklan, video klip, dan bentuk animasi lainnya. Beragam karya animasi, dari beraga jenis dan tujuan... Dari karya studio, lembaga pendidikan, production hause, atau malah perorangan. Ada animasi dua dimensi, tiga dimensi, clay dan berbagai karya stop motion lainnya.

Profesi di dunia animasi juga beragam, terutama animasi atau film yang mengunakan teknologi 3D. Sampai ada praktisi animasi yang protes dalam bentuk video mengenai keragaman profesi atau bagian bidang dari animasi. Jangan sampai komikus dan animator tidak bisa dibedakan, walaupun memang ada animator yang kadang membuat komik, atau sebaliknya.

Selain bergama karya, ada juga beberapa event yang sudah bisa diadakan berkala, dari tingkat nasional, sampai internasional karena mengundang praktisi atau animator dari luar negeri. Dari yang dibuat oleh lembaga pendidikan animasi sampai melibatkan organisasi atau pemerintah. Memang mengembangkan animasi tidaklah mudah, karena selain faktor biaya, lagi-lagi dukungan pemerintah memang akan terus dituntut.

Jadi animasi Indonesia bekembang? Dari sudut pandang pribadi dan berdasar dari melihat karya yang muncul secara online, dan dari berita, serta kepercayaan negara maju terhadap tenaga ahli di bidang animasi dari Indonesia... Kita wajib optimis bahwa animasi kita akan maju. Seberapa cepat? Bisa lebih cepat kalau melihat animasi sudah masuk di sekolah, misalnya melalui SMK. Dan alhamdulillah di Kertasemaya sudah dimulai dengan jurusan barunya yaitu Multimedia di SMK Teladan. Semoga nantinya ada animator handal yang muncul dari sini! Insya Allah, amiiin...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar